Minggu, 20 Januari 2013

Apotik Hidup

MANFAAT BERBAGAI MACAM TUMBUHAN

Segala dibumi ini telah Allah ciptakan dengan ada manfaatnya, Allah tidak pernah menciptakan sesuatu yang tidak bermanfaat bagi makhluknya. Dia menciptakan manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan dan makhluk lainnya satu sama lainnya saling ketergantungan dengan kadarnya masing-masing. Manusia tidak akan hidup jika tanpa adanya tumbuhan ataupun binatang begitu juga sebaliknya. Tumbuhan-tumbuhan memiliki manfaat unutk sarana pengobatan. Dan saat ini sudah banyak klinik-klinik yang menggunakan obat herbal untuk digunakan dalam pengobatan yakni obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang memberikan pengobatan yang ekonomis dan bebas efek samping. Berikut ini adalah khasiat dari beberapa tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan:
  1. DAUN PANDAN
Daun pandan berbentuk panjang kurang lebih ½ meter dan berwarna hijau. Daun pandan ini memiliki khasiat bisa sebagai minyak rambut cemceman yakni dengan cara diiris lembut/kecil-kecil lalu dijemur. Daun pandan juga bisa untuk mencampuri minum-minuman ataupun bisa juga untuk campuran membuat kue. Selain itu daun pandan juga memiliki bau yang harum, karena memiliki bau yang harus tersebut daun pandan juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau tidak enak dalam ruangan.
  1. DAUN SIRIH
Daun sirih memiliki bentuk daun seperti daun waru hanya saja lebih kecil dan memiliki bau yang agak tajam. Daun sirih memiliki khasiat untuk menghentikan darah yang keluar dari hidung (mimisan) yakni dengan cara daun sirih di remuk-remuk atau bisa juga digulung lalu gulungan tadi dipakai untuk menyumbat hidung yang mimisan. Daun sirih juga bisa digunakan untuk perawatan vagina, makanya banyak sekali produk-produk kewanitaan yang menggunakan daun sirih. Namun jika membuat sendiri itu bisa lebih aman dari bahan-bahan kimia. Caranya daun sirih diremas di dalam air hingga air berubah warnanya menjadi hijau lalu hilangkan sobekan daun sirih itu setelah itu gunakan untuk membersihkan vagina (disiram).
  1. DAUN PEPAYA
Daun pepaya ini mudah sekali untuk ditemukan dan mudah sekali untuk tumbuh. Khasiat dari daun pepaya ini dapat menyegarkan dan melancarkan air susu ibu, bisa juga digunakan untuk mengobati penyakit Malaria, dan dapat juga untuk mnambah nafsu makan. Caranya daun pepaya ditumbuk hingga halus lalu dicampur dengan air dan disaring lalu kemudian diminum, untuk mengurangi rasa pahit dari daun tersebut boleh dicampur dengan gula pasir
  1. DAUN ALPUKAT
Daun alpukat bisa digunakan untuk mengobati sakit pinggang, caranya ambil kira-kira 20 lembar dau alpukat dan rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih sampai air kira tertinggal 2 gelas, lalu air itu disaring kemudian diminum setiap pagi satu gelas dan sore satu gelas.
  1. DAUN LIDAH BUAYA
Khasiat dari daun lidah buaya ini adalah untuk menyuburkan rambut. Ketika daun lidah buaya dipotong hingga keluar lendir, lalu lendir itu dioleskan di kepala (rambut). Untuk memakainya bisa ketika malam hari ketika hendak tidur nanti pagi harinya bari dicucui/keramas.
  1. KUNYIT
Khasiat dari kunyit bisa menambah darah, caranya kunyit diparut terlebih dahulu lalu diperas dengan air dan dimasak, di campur dengan gula kemudian diminum dan hendaknya disaring terlebih dahulu. Kunyit juga bisa digunakan untuk menghaluskan kulit.
  1. BUAH MENTIMUN
Buah mentimun berkhasiat untuk menghaluskan kulit selain itu buah mentimun juga bisa digunakan untuk obat bisul. Caranya buah mentimun diparut lalu dibungkus unutk diopen kemudian setelah di open tempelkan siatas bisul yang tumbuh lalu perban.
  1. BUAH SIRSAT
Buah sirsat biasanya digunakan untuk mengobati berak cair (mencret)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar