Minggu, 20 Januari 2013

Web Browser

Mengoperasikan Web-Browser

  1. PENGERTIAN INTERNET DAN MANFAAT INTERNET
Saat sekarang ini, internet menjadi salah satu pemicu terjadinya globalisasi karena telah menghilangkan batas- batas dunia. Dengan internet, kita dapat mengakses informasi yang tersimpan di computer dibelahan dunia lain. Internet telah membuat dua orang dari belahan bumi yang berbeda dapat berkomunikasi tanpa dibatasi oleh batas Negara, waktu, dan jarak.
Internet menghubungkan computer dan jaringan-jaringan computer yang ada diseluruh dunia menjadi sebuah jaringan computer yang sangat besar, saai ini diperkirakan terdapat 30.000 jaringan yang terhubung ke internet. Karena merupakan sebuah jaringan, maka sebuah computer yang terhubung ke internet berarti terhubung dengan semua computer di seluruh dunia yang juga terhubung ke internet dan dapat mengakses semua informasi yang terdapat di internet secara gratis. Internet merupakan dunia yang tidak mempunyai penguasa, artinya semua orang mempunyai hak yang sama di internet.
Internet mempunyai peranan yang sangat penting, yaitu sebagai berikut.
  1. Sebagai Sumber Data dan Informasi
Internet menyimpan berbagai jenis informasi dengan jumlah yang tidak terbatas, siapa saja dapat mengakses berbagai informasi.
  1. Sebagai Pertukaran Data dan Informasi
Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu computer ke computer lain tanpa dibatasi oleh jarak fisik kedua computer tersebut. Dua computer yan sama-sama terhubung dapat saling berkomunikasi satu sama lain, mempertukarkan data dan informasi dalam waktu yang sangat cepat.
Secara umum, ada beberapa hal pokok yang biasa dilakukan di internet, yaitu sebagai berikut.
  1. Memperoleh informasi. Informasi tidak hanya berupa politik, ekonomi, dan olahraga, namun pegertiannya jauh lebih luas. Banyak sekali yang dapat kita peroleh di internet, mulai dari informasi yang dapat dipercaya sampai informasi yang tidak dapat dipercaya, seperti fitnah, gossip, dan hasutan.
  2. Berkirim-kirim surat. Di internet ada sebuah fasilitas yang fungsinya sama dengan surat, yaitu e-mail (electronic mail). E-mail ini adalah “surat ajaib” karena banyak sekali kelebihannya. Jika kita ingin mengirim e-mail kepada seseorang, kita cukup mengetikkan alamat e-mail orang tersebut, lalu isi pesan di formulir yang tersedia, lalu klik send (kirim). Beberapa detik kemudian, pesan e-mail tersebut akan langsung sampai kepada alamat yang di tujuj.
  3. Chatting. Chatting adalah fasilitas internet yang memfasilitasi kit “ngobrol” dengan bantuan tulisan (engetik). Kita cukup mengetik pesan yang kita ingin kita sampaikan kepada lawan bicara kita, lalu dapat kita balas lagi, demikian seterusnya.
  4. Melakukan transaksi dagang. Di internet, kita dapat membeli atau menjual barang. Saat ini, di internet sudah banyak terdapat toko online. Misalnya, untuk membeli mobil, kartu kredit (melalui internet juga). Beberapa hari kemudian, mobil yang kita pesan diantar ke rumah kita.
  5. Berdiskusi. Di internet, banyak terdapat forim diskusi. Ada diskusi tentang olitik, ekonomi, olahraga, dan masih banyak lainnya. Anda dapat memasang topic tertentu, lalu sampaikan pendapat kita disana. Beberapa saat kemudian, satu jam, satu hari, dua hari, atau bahkan sepuluh menit, mungkin ada orang yang tertarik membaca pendapat kita, lalu orang tersebut menulis komentar balasan. Setelah itu, mungkin ada orang lain yang memberikan komentar balasan demkian seterusnya.
  6. Memasang iklan baris. Di internet, bayak fasilitas iklan baris (seperti iklan baris di Koran). Bedanya, sebagian besar iklan baris di internet adalah gratis. Jadi, kita tidak perlu membayar biaya apa pun untuk mengiklankan sesuatu di internet. Kita cukup mengisi formulir yang tersedia, menulis pesan iklan yang kita inginkan, lalu, klik kirim. Beberapa detik kemudian, iklan kita tersebut telah dimuat dan dapat dibaca oleh siapa saja diseluruh dunia. Praktis, murah, dan cepat bukan?
Adapun kegunaan internet adalah sebagai berikut.
  1. Saran untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi yang cepat dan murah. Hal ini di dapatkan melalui Email, WWW, Newsgroup, FTP, dan Gopher.
  2. Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, misalnya Koran nasional dapat dicetak di daerah, Koran masuk internet.
  3. Sebagai media promosi,. Internet dimanfaatkan sebagai sarana untuk beriklan dan menampikan profilperusahaan dan p[roduk-produknya.
  4. Sarana komunikasi interaktif Emial, WWW, Video Conferencin, Internet Relay Chat, dan Internet Phone.
  5. Sebagai alat Research dan Development.
  6. Sarana untuk pertukaran data.
  1. PERANGKAT KERAS GUNA MENGAKSES INTERNET
Untuk mengakses ke internet, sebuah computer membutuhkan beberapa persyaratan tambahan yang harus dipenuhi, di antara persyaratan tersebut adalah hardware (perangakat keras).
Adapun perangkat-perangkat keras yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.
  1. Processor Pentium
Bila sebuah computer di ibaratkan tubuh manusia, processor adalah otaknya. Fungsi processor adalah mengolah semua informasi yang dimasukkan pengguna computer serta memberikan hasil sesuai dengan kehendak sang pemakai. Semakin tinggi processor semakin cepat pula lomputer salam mengolah perintah tersebut.
  1. Memory
Memory dalam computer berfungsi untuk menyimpan sementara data-data seperti pesan, file, gambar, suara, program aplikasi, dan sebagainya. Makin tinggi suatu memory maka makin banyak data yang bias ditampung oleh suatu computer.
  1. Monitor VGA
VGA singkatan dari Video Graphics Array yang merupakan standar output grafik dasar. Monitor berfungsi utnuk menampilkan data-data/file, program computer, dan sebagainya dalam bentuk visual sehingga kita melihat file-file dan program tersebut.
  1. Modem
Modem singkatan dari modulator-demodulator (modulasi-demodulasi), yaitu alat yang berfungsi untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke sebuah PC yang lain melalui jaringan telepon. Modulasi demodulasi dapat diartikan sebagai proses perubahan denyut elektronis sari computer menjadi suara.audio (modulasi) sehingga dapat dikirim lewat telepon.
Modem penerima akan mengubah nada suara tadi menjadi denyut elektronis kembali untuk diproses selanjutnya oleh computer (demodulasi). Pendek kata modem adalah alat yang memungkinkan computer kita untuk berbicara dengan computer lain melalui kabel telepon. Modem ada dua macam, yaitu modem internal yang diletakkan di dalam CPU, dan modem eksternal yang diletakkan diluar CPU.
  1. Telepon
Jaringan telepon merupakan salah satu persyarat utnuk tergabung ke internet, karena jaringan telepon digunakan utnuk meneruskan sinyal dan modem. Modem memerluakan telepon utnuk melakukan tugasnya. Proses pada saat modem terhubung dengan telepon dan kita memulai hubungan dengan Internet Service Provider (ISP) pada dasarnya sama dengan proses kita menelpon biasa. Jika ada yang menelepon kita saat kita menggunakan modem, maka dia akan menerima nada sibuk san tidak bias menghubungi kita. Karena modem dan telepon berkaitan erat, kecepatan modem juga sangat berpengaruh terhadap rekening telepon yang harus kita bayar setiap bulan. Sehingga modem yang cepat akan menghemat uang daripada modem yang lambat.
  1. APLIKASI INTERNET
Aplikasi internet yang tersedia saat ini sudah banyak dan terus bertambah yang digunakan dalam berbagai bidang seperti bidang akademis, militer, media massa, dan berbagai sector industry lainnya.
Aplikasi yang paling banyak dikenal dan digunakan yaitu sebagai berikut.
  1. World Wide Web (WWW)
World Wide Web ( WWW) merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting karena dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. WWW adalh dokumen-dokumen internet yang disimpan si server-server yang terdapat diseluruh dunia. Dokumen web tersebut dibuat dengan format hypertect dan hypermedia dengan menggunakan Hypertext Markup Language (HTML). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah diokumen dengan dokumen yang lain. Dokumen yang dibuat dengan HTML tersebut dapat memuat teks gambar, animasi, audio, dan video.
  1. Electronic Mail (E-Mail)
Email atau surat elektronik adalah apliaksi internet utnuk sarana komunikasi surat menyurat dalam betuk elektronik. Mengirim email sama persis dengan mengirimkan sebuah surat biasa, dapat mengirimkan file dokumen, gambar, dan sebagainya.
  1. Mailing List (Milis)
Mailing list atau sering disebut milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email. Setiap email yang dikirim ke alamat milis akan dikirimkan ke seluruh alamat email yang terdaftar sebagai aggota milis tersebut. Milis merupakan bentuk lain dari email. Fasilitas ini digunakan oleh kelompok-kelompok untuk bertukar informasi dan berdiskusi dengan sesame anggota kelompok. Milis mempunyai sifat yang sama dengan email.
  1. Newsgroup
Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama dengan yang lain dalam sebuah forum. Biasanya anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama untuk membahas topic-topik tertentu. Sarana yang mungkin digunakan dapat berupa media multimedia (audiovisual) dengan menggunakan fasilitas video conferencing ataupun text saja atau text audio dengan menggunakan fasilitas chat (IRC)
Newsgroup dapat dianggap seperti sebuah bulletin board, dimana setiap orang bebas menempelkan pendapatnya untuk dibaca oleh orang lain yang tergabung dalam kelompok tersebut. Newsgroup memungkinkan kita menyampaikan informasi dengan cara yang cepat kepada orang-orang yang tergabung dalam kelompok kita.
  1. Internet Raly Chart (IRC)
IRC merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet yang dikenal dengan istilah chatting. Chatting dilakukan dengan cara mengetik apa yang kita katakana kepada teman chatting kit, kemudian mengirimkannya dalam bentuk teks.
  1. File Transfer Protocol (FTP)
File Transfer Protocol (FTP) merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file kea tau dari sebuah computer lain dengan lebih cepat. FTP sering digunakan untuk mencari dan mengambil (download) arsip file disuatu server di internet yang mempunyai alamat tertentu yang menyediakan berbagai arsip(file). File tersebut memang diizinkan utnuk diambil oleh pengguna internet yang membutuhkannya. File ini bias juga berupa hasil penelitian, artikel-artikel, jurnal, dan lain-lain. FTP juga dipergunakan untuk meng-upload file materi situs (homepage) sehingga bias diakses oleh pengguna dari seluruh pelosok dunia.
  1. Telnet
Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses computer yang letaknya jauh. telnet dapat kita gunakan apabila kita mempunyai alamat IP (IP Address) dari computer yang akan diakses dan kita juga harus mempunyai hak akses (Used ID dan password).
  1. Gopher
Gopher adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun informasi yang dicari hanya terbatas pada teks saja. Untuk mendapatkan informasi yang melalui Gopher, kita harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada di internet.
  1. Ping
Ping adalah singkatan dari Packet Internet Gopher. Ping digunakan untuk mengetahui apakah computer yang kita gunakan mempunyai hubungan (terkoneksi) dengan computer lain di internet. Pengecekkan hubungan ini dilakukan dengan cara mengirim sejumlah paket data.
  1. SISTEM KONEKSI INTERNET
    Cara Menghubungkan Komputer ke Internet yakni sebagai berikut :
  1. Melalui Jaringan
Cara tersebut adalah dengan menghubungkan komputr ke jaringan computer yang terhubung ke internet. Cara ini banyak digunakan di perusahaan, kampus-kampus atau warnet-warnet. Sebuah computer yang dijadikan server dihubungkan ke internet, computer lain di jaringan tersebut kemudian dihubungkan ke server tersebut.
Biasanya computer yang berfungsi sebagai server dihubungkan dengan sebuah ISP melalui kabel telepon ayau melalui antenna, sedangkan untuk menghubungkan komputerrr ke computer server digunakan dengan menggunakan kartu LAN (LAN Card) atau kabel UTP.
Biaya akses internet dengan jaringan relative lebih murah karena biaya koneksi ditanggung oleh beberapa computer daripada akses dari rumah dengan menggunakan kabel telepon.
  1. Melalui Saluran Telepon Langsung (Dial Up)
Cara termudah menghubungkan computer ke internet adalah dengan menggunakan kabel telepon biasa atau lebih sering disebut dengan dial-up, keunggulannya adalah jaringan yang luas. Kecepatan akses dengan dial up dapat mencapai 56 kbps. Saat ini koneksi internet dapat ditingkatkan menjadi 4-5 kalinya dari biasanya. Teknologi tersebut dikenal dengan teknologi Power Surf Dial Up. Beberapa ISP dilengkapi dengan teknologi tersebut.
  1. Menggunakan Jaringan GPRS
GPRS (General Packet Radio Service) memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan data dan suara pasa alat komunikasi sedang bergerak. Komunikasi data dan suara dilakukak dengan menggunakna gelombang radio. Kebutuhan industry akan komunikasi yang bergerak menyebabkan GPRS menjadi salah satu teknologi komunikasi data yang banyak digunakan saat ini. GPRS mempunyai kecepatan transfer data GPRS masih berada pada 25-30 kbps.
GPRS mentransfer data dengan sistem paket, sistem penarifan, dilakukan bukan berdasarka lamanya penggunaan, tetapi besarnya data yang ditransfer. Teknologi GPRSmemungkinkan akses internet dari mana saja, yang penting kita memiliki sebuah computer, telepon selular yang dilengkapi fasilitas GPRS dan SIM card yang menyediakan jasa layaan GPRS.
Kelemahan dari GPRS adalah untuk mendapatkan koneksi internet secara mobile kita harus melakukan setting tertentu pada telepon selular kita. Hal ini cukup menyulitkan karena setiap merek handphone dan operator telepon selulas menpunyai cara sendiri-sendiri untuk mengaktifkan fasilitan GPRS-nya.
  1. Melalui WiFi
WiFi (Wireless Fidelity) adalah teknologi jaringan tanpa kabel dengan menggunakan frekuensi tinggi, yaitu berada pada spectrum 2,4 GHz. Kita dapat terhubung ke internet menggunakan notebook dan PDA yang dilengkapi dengan kartu WiFi ( Wifi Card). WiFi mempuntai kemampuan akses sampai kecepatan hingga 11 Mbps. Jika notebook yang kita gunakan menggunakan processor yang dilengkapi teknologi Mobile Centrino, maka kartu WiFi tersebut tidak dibutuhkan.
Kita tidak membutuhkan kabel untuk terhubung ke jaringan WiFi, namun harus berada pada daerah yang memuntai sinyal WiFi. Daerah yang mempunyai sinyal WiFi adalah daerah yang berada di radius 100 meter dari titik akses. Daerah yang mempuyai sinyal WiFi sering disebut hotspot.
Ada tiga komponen yang terdapat dalam sebuah lokasi hotspot antara lain sebagai berikut.
  1. Access point (titik akses) adalah peragkat yang menghubungkan teknologi wireless LAN dengan eternrt yang terdapat di computer. Titik akses memiliki kemampuan utnuk melayani pengguna sebanyak 128 orang. Luas daerah yang dapat di jangkau oleh sebuah titik akses mencapai 25-100 meter.
  2. Access controller (pengendai access) adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat autentifikasi hak atau izin untuk melakukak akses.
  3. Internet link adalah perangkat yang menghubungkan lokasi hotspot dengan internet. Internet link mempunyai kemampuan koneksi internet sampai kecepatan 512 kbps. Kemampuan koneksi ini digunakan untuk melayani selruh pengguna dengan satu lokasi. Kelemahan dari akses internet dengan WiFi adalah akses hanya dapat dilakukan pada daerah 100m dari titik akses, dan sampai saat ini, hanya tempat-tempat tertentu yang dipasangi titik akses. Tempat-tempat tertenru tersebut biasanya adalah kampus-kampus, hotel, kafe, bandara, dan tempat-tempat umum lainnya.
  1. Menggunakan Jaringan TV Kabel
Cara ini dinilai cocok terutama bagi pengguna internet dalam sebuah keluarga. Kelebihannya adalah dapat mengakses internet setiap saat dan bebas dari gangguan telepon sibuk. Biasanya biaya yang dikeluarkan merupakan satu paket dengan layanan TV kabelnya. Karena itu, bebas internet tanpa harus menambahkan biaya pengeluaran. Jaringan TV kabel adalah jaringan dengan jalur komunikasi data yang lebar, mengingat TV kabel harus melewatkan gambar bergerak dan suara.
Persyaratan yang harus dipenuhi utnuk engakses internet dengan menggunakan jaringan TV kabel, yaitu sebagai berikut.
  1. Berlangganan dengan penyedia layanan TV kabel yang dilengkapi dengan layanan internet.
  2. Perangkat komuter standar yang sudah dilengkapi dengan sistem operasi dan browser yang mendukung utnuk internet.
  3. Kbel modem dengan DOCSIS sistem, yaitu modem yang dirancang khusus untuk jaringan TV kabel.
  4. Ethernet Card.
  1. Menggunakan Wireless Broandband
Teknologi ini masih dalam tahap pengembangan dan belum dipasarkan, yaitu sebuah teknologi nirkabel yang disebut dengan Wireless Broandband (WiBro). Dibandingkan dengan WiFi, Wibro dapat diakses dari jarak 1 kilometer dari titik aksesnya dengan kecepatan akses 512 kbps. Akses Wibro juga masih dapat dilakuka dari kendaraan yang bergerak dengan kecepatan sampai 60km/jam.
  1. Berbagai Macam Jaringan Komputer
  1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. Umumnya dimiliki oleh perusahaan atau organisasi tertentu. LAN digunakan untuk menghubungkan computer-komputer yang terdapat di dalam gedung atau kantor tersebut. Kmputer-komputer dihubungkan untuk membagi sumber daya yang terdapat di kantor tersebut. Computer yang terhubung dalam satu LAN umumnya hanya berjarak beberapa kilometer, bahkan kebanyakan LAN digunakan untuk menghubungakan computer-komputer yang terdapat dalam satu gedung.
  1. Metropolitan Area Network (MAN)
MAN adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. MAN umumnya digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan. Misalnya daja kantor-kantor pemerintah yang terdapat dalam sebuah kota dapat dihubungkan dengan MAN. Hal ini dibuat utnuk tujuan berbagai data antara stu instansi dengan instansi yang lain. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan berhubungaan dengan jaringan televisi kabel.
  1. Wide Are Network (WAN)
WAN adalah jaringan computer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis. WAN dapat saja mencaku sebuah Negara atau benua.
  1. Internet
Internet merupakan sebuah jaringan computer yang sangat besar yang dapat mencakup seluruh dunia. Orang yang terhubung ke internet berarti terhubung ke semua computer yang ada di dunia yang juga terhubung ke internet.
  1. Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel disebut juga nirkabel (wireless network) adalah jaringan yang tidak membutuhkan kabel-kabel untuk mnghubungkan computer yang tergabung dalam satu jaringan. Seiring dengan semakin tingginya tingkat mobilitas manusia, maka jaringan nirkabel merupakan solusi yang tepat karena kita dapat mengaksess informasi dari mana saja tanpa harus tetap berada pada satu tempat tertentu.
  1. Manfaat Jaringan Komputer
Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari adanya jaringan computer, antara lain sebagai berikut.
  1. Membagi Sumber Daya
Sumber daya tersebut dapat berupa sumber daya yang berupa perlengkapan computer seperti printer, maupun sumber daya yang berupa data-data. Dengan jaringan computer maka sumber daya yang hasur disediakan dapat dikurangi.
  1. Reliabiitas Tinggi
Jaringan computer memungkinkan kita untuk mengopikan data-data ke dua atau tiga computer. Dengan demikian, apabila salah satu computer rusak dan data-data yang disimpan di dalamnya hilang, masih dapat menggunakan data yang di simpan di computer lain.
  1. Menghemat Uang
Dengan menggunakan jaringan, perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan, misalnya printer dapat dipakai oleh beberapa orang.
  1. Sebagai Sarana Komunikasi
Jaringan dapat dimanfaatkan. Misalkan, untuk pengumuman rapat, pimpinan tidak perlu mengirimkan surat kepada semua staf-stafnya, cukup dengan mengirimkan undangan melalui jaringan computer yang ada.
  1. Peran ISP dalam Mengakses Internet
Bila kita melakukan koneksi dengan internet, kita perlu mendatar dan berlangganan salah satu Internet Service Provider (ISP). Setiap IS mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, kita perlu memerhatikan spesifikasi yang mereka miliki, terutama keunggulan yang mereka tawarkan, skecepatan akses, harga, dan kemudahan-kemudahan lain. Jiaka kita sudah mendaftar dan berlangganan dengan salah satu ISP,maka kita sudah bias mengaktifkan internet. Tentunya apabila computer kita sudah kita install dan setting sengan jaringan internet.
ISP inilah yang bertugas untuk memasang jaringan internet di computer kita, seperti ISP milik Telkom, PLN, atau PDAM. Agar kita dapat memasang jaringan internet di rumah, maka yang diperlukan adalah telepon, computer, dan modem. Modem merupakan alat untuk menghubungkan computer kita dengan saluran telepon dan internet. Cara untuk dapat menjelajahi internet melalui computer kita adalah kita harus menghubungi ISP dengan fasilitas telepon, cukup menghidupkan modem, menekan tombol connect (hubungan) computer, dan beberapa saat kemudian computer kita sudah terhubung dengan ISP. Setelah itu, kita dapat menjelajahi dunia internet. Biayanya sama dengan biaya puls telepon, jika ISP dengan bantuan telepon. Jika kita tinggal di Bandung dan ISP langganan kita berada di Jakarta, maka biaya langganan sama dengan biaya percakapan telepon interlokal dari Bandung ke Jakarta. Oleh sebab itu, agar biayanya murah dan hitungan pulsanya local, kita harus berlangganan dengan ISP yang letaknya masih satu kota dengan kita. Selama computer kita terhubung dengan ISP, pihak ISP menganggap bahwa selama itu pula lah waktu yang kita bias habiskan untuk menjelajahi di internet. Jadi, jika computer kita terhubung dengan ISP sewlama 10jam, maka kita di anggap menjelajahi internet selama 10jam. Untuk ini, pihak ISP menerapkan tariff yang harus kita bayar,mislnya Rp 3.000.000 per jam. Jadi, jika kita menggunakan internet selama 100 jam dalam sebulan, maka biaya yang harus dibaya ke ISP adalah Rp 300.000 untuk satu bulan. Biayasebesar Rp 300.000 tersebut hanyalah biaya pemakaian internet yang harus kita bayar ke ISP. Selain itu, kita harus membayar biaya pulsa ke Telkom. Sebagai contoh, jika kita menggunakan internet selama 100 jam dalam satu bulan, artinya kita terhubung ke ISP selama 100 jam yang berasti sana dengan kita menggunakan telepon selama 100 jam. Perhitungan biaya 100 jam pemakaian telepon sama dengan perhitungan pulsa telepon yang berlaku di Telkom. Biaya menghubungi ISP sesuai dengan tariff telepon yang di tetepkan oleh Telkom. Perhatikan, biaya menjelajahi internet berbeda. Misalnya, kita mengunjungi website yang berada di Perancis atau di Jakarta, biayanya sama saja. Mengapa? Karena biaya penjelajahan internet tidak didasarkan atas hitungan jarak. Jadi, kemana pun kita menjelajah, yang dihitung adalah berapa lama kita menjelajah, bukan ke mana kita menjelajah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar