Sabtu, 08 Desember 2012

BANK BRI

PELAYANAN PRIMA
BANK REPUBLIK INDONESIA
( BRI )





BAB I
PENDAHULUAN
  1. LATAR BELAKANG
Dengan semakin berkembangnya zaman, banyak Bank-bank yang berlomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya. Dan pelayanan prima yang memegang peranan penting bagi perbankan. Untuk meningkatkan kinerja perbankan dan kepercayaan nasabah, maka pelayanan merupakan suatu jalan untuk mempertahankan bank agar selalu di dekati dan diingat oleh nasabahnya.
Nampaknya hal ini telah didasari oleh kalangan perbankan di Indonesia dan mereka memiliki berbagai konsep dalam mengembangkan pelayanan mereka. Salah satunya adalah Bank Republik Indonesia ( BRI ). Bank BRI ini mempunyai pelayanan prima yang jitu dan pelayanan dengan sepenuh hati sehingga nasabah Bank BRI akan terus setia jika mereka merasa puas terhadap jasa yang Bank BRI tawarkan. Karena Bank BRI akan berusaha terus – menerus memberikan kepuasan kepada nasabahnya.
Dan Bank BRI harus bisa bersaing untuk mendapatkan nasabah, salah satunya Bank di Inggris mengungkapkan bahwa Bank pemenang pada umumnya adalah Bank yang sangat memperhatikan kepentingan nasabah.

BAB II
PEMBAHASAN

  1. DISKRIPSI TENTANG BANK REPUBLIK INDONESIA(BRI)
Pada umunya Bank Republik Indonesia(BRI) didirikan di Purwokerto Jawa Tengah oleh Raden Aria Wirjaatmadja dengan nama Hulp_en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren atau Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi yang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI.
Berdasarkan Undang- undang No. 14 tahun 1967 tentang Undang- undang Pokok Perbankan dan Undang- undang No. 13 tahun 1968 tentang Undang- undang Bank Sentral, yang intinya mengembalikan fungsi Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dan Bank Negara Indonesia Unit II Bidang Rular dan Ekspor Impor dipisahkan masing-masing menjadi dua Bank yaitu Bank Rakyat Indonesia dan Bank Ekspor Impor Indonesia. Selanjutya berdasarkan Undang – undang No.21 tahun 1968 menetapkan kembali tugas-tugas pokok BRI sebagai Bank Umum. Sejak 1 Agustus 1992 berdasarkan Undang-undang Perbankan No.7 tahun 1992 status BRI berubah menjadi PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) yang kepemilikannya masih 100% di tangan Pemerintah.
PT. BRI (persero) yang didirikan sejak tahun 1895 didasarkan pelayanan masyarakat kecil sampai sekarang tetap konsisten yaitu dengan fokus pemberian fasilitas kredit kepada golongan pengusaha kecil. Hal ini tercemin pada perkembangan penyaluran KUK (Kredit Usaha Kecil)pada tahun sebesar RP 6.419,8 milyar yang meningkat menjadi RP 8.231,1 milyar pada tahun 1995 dan pada tahun 1999 sampai dengan bulan September sebesar RP 20.466 milyar. Dan seiring dengan perkembangan dunia perbankan yang semakin pesat maka sampai saat ini PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) mempunyai unit kerja yang berjumlah 4.447 di seluruh Indonesia.
Bank BRI tidak sama dengan Bank-bank yang lain. Perbedaannya Bank BRI merupakan Bank Negeri yang masih 100% kepemilikannya Pemerintah sedangkan Bank-bank Swasta lainnya merupakan Bank yang milik pribadi maksudnya ada yang punya dan pastinya bukan punya pemerintah, selain itu bunga yang diberikan Bank BRI lebih rendah daripada bank-bank Swasta yang lain, karena Bank Swasta hanya ingin memperoleh keuntungan semata.
Bank BRI dapat dicakup seluruh masyarakat karena persyaratan untuk menjadi nasabah Bank BRI itu mudah sehingga tidak hanya kalangan atas yang banyak menabung di Bank BRI tetapi dikalangan bawah juga dapat menjadi nasabah Bank BRI.
  1. PELAYANAN PRIMA BANK REPUBLIK INDONESIA(BRI)
Pelayanan prima Bank BRI pastinya berbeda dengan Bank-bank lain. Pelayanan prima Bank BRI mempunyai cara-cara yang jitu untuk memuaskan nasabahnya. Maksudnya mempunyai pelayanan secara jitu yaitu pelayanansecara tepat dan benar sehingga mampu menarik orang agar menjadi nasabah dan dapat bekerja sama dengan Bank BRI. Pelayanan prima tersebut antara lain:
    1. Memberikan penghimpunan dana dan penyaluran dana Bank serta memberikan penawaran jasa perbankan lainnya. Program kegiatan pelayanan terhadap nasabah harus diberikan dengan pelayanan terbaik sehingga nasabah tersebut tidak akan pindah ke Bank lain.
    2. Bank BRI termasuk Bank yang sangat memperhatikan nasabah dan kualitas pelayanan Bank BRI dapat melebihi kualitas pelayanan yang diharapkan oleh nasabah mereka.
    3. Selalu memberikan pelayanan sepenuh hati agar kualitas Bank BRI dengan Bank lainnya berbeda sehingga menyebabkan Bank BRI akan banyak dikunjungi nasabah.
    4. Senantiasa menciptakan cara-cara baru yang lebih efektif, efisien, dan lebih menarik untuk meningkatkan kualitas pelayanannya serta mencari cara-cara kreatif untuk mempersembahkan yang lebih baik.
    5. Sikap proaktif dengan memberikan pelayanan karena ada kepedulian. Sikap proaktif dalam pelayanan prima tehadap nasabah.
    6. Tidak membiarkan nasabah kebingungan dan berjalan mondar-mandir walaupun nasabah tersebut tidak mendekati kita dan bertanya kepada kita. Kita bisa terlebih dahulu mendekati mereka dan bertanya kepada mereka barangkali saja kita bisa membantu mereka.
    7. Berlaku positif berarti menyambut hangat para nasabah dan melayani pertanyaan dan permintaan mereka dengan sepenuh hati. Dengan berlaku positif akan memancarkan keyakinan kita kepada nasabah, bahwa kita mampu memberikan jawaban bagi pertanyaan mereka, dan memberikan solusi atas semua masalah yang mereka hadapi.
    8. Memberi pelayanan dengan senyum, karena senyuman adalah bahasa universal yang positif yang dipahami semua orang.
    9. Menyambut nasabah ketika datang dengan senyuman, berbicara dengan kata yang baik kepada nasabah yang akan menabung. Bagi nasabah pemula yang ingin menabung kami dari pihak bank akan menjelaskan cara-cara atau syarat-syarat untuk menabung. Syarat-syarat menabung itu seperti menyerahkan KTP, menulis data diri , dan tidak perlu membayar biaya pendaftaran tetapi nasabah wajib membayar Rp 50.000 sebagai saldo awal dan seterusnya terserah nasabah ingin menabung berapa tetapi minimum harus menabung Rp 10.000. Kemudian pihak bank BRI akan memberikan formulir untuk mengisinya kepada nasabah yang akan menabung. Setelah itu formulirnya di kembalikan kepada pihak Bank dan pihak bank akan mengasih informasi seputar menabung di bank BRI, pihak bank akan mengasih informasi bunga yang diberikan oleh Bank, berapa jumlah minimum uang yang akan ditabungkan dan masih banyak lagi informasi lainnya. Sedangkan bagi pelanggan nasabah cara untuk menabung hanya dengan mengisi slip penyetoran dan akan disetujui teller dari pihak bank.
    10. Cara pelayanan meminjam uang dengan cara mengajukan kreditan di Bank BRI yakni pihak Bank akan menjelaskan bagaimana cara meminjam uang dengan cara mengkredit uang di Bank BRI. Sebelum dipinjamkan uang oleh Bank, maka antara pihak Bank dan nasabah mengadakan suatu perjanjian. Perjanjian tersebut tentang berapa uang yang akan dipinjam oleh nasabah, berapa tahun/ berapa bulankah nasabah dapat menggembalikan uang yang dipinjam tersebut. Misalnya nasabah tersbut dapat mengembalikan uang dalam 1 tahun maka nasabah tiap bulan harus mencicil uang pinjamannya dalam jumlah yang sudah ditentukan dan bunganya tergantung jumlah uang yang dipinjamnya, dan nasabah harus membayar cicilan tersebut sesuai dengan jatuh temponya sesuai dengan perjanjian. Selain itu nasabah harus memenuhi syarat meminjam uang di Bank BRI.
Syarat-syarat meminjam uang di Bank BRI sebagai berikut:
      • Adalah adanya jaminan sebelum meminjam uang agar apabila sewaktu-waktu nasabah tidak dapat membayar maka jaminan tersebut akan kami ambil. Jaminan tersebut dapat berupa surat-surat penting( surat rumah, surat tanah, surat kendaraan).
      • Harus menyerahkan KK(Kartu Keluarga), KTP(Kartu Tanda Penduduk), rekening listrik, surat gaji. Perlunya rekening listrik dan surat gaji adalah agar pihak bank dapat mengetahui berapa biaya listrik yang dikeluarkan dan berapa gaji nasabah yang akan meminjam uang tersebut. Jika biaya listriknya besar dan gajinya sedikit maka pihak bank tidak akan mau meminjami uang karena takutnya nasabah tersebut tidak dapat membayar uang yang dipinjamnya.
    1. Bank BRI juga menyediakan undian berhadiah, bagi nasabah yang mempunyai saldo yang tinggi/ banyak maka nasabah tersebut mempunyai kesempatan untuk mendapatkan hadiah seperti Honda Vario, Televisi, Sepeda Motor, dan lain-lain. Dan makin banyak saldo maka kesempatan menjadi pemenang semakin banyak.

BAB III
PENUTUP
  1. KESIMPULAN
Bank BRI merupakan bank yang konsisten melayani masyarakat kecil yaitu dengan fokus pemberian fasilitas kredit kepada golongan pengusaha kecil. Bank Republik Indonesia selalu mengutamakan pelayanan untuk mendapatkan kepuasan dari nasabah. Bagi Bank BRI melayani dengan sepenuh hati akan mampu menciptakan pelayanan prima di Bank BRI dan menyebabkan Bank BRI akan dikunjungi banyak nasabah.
Dasar utama kegiatan Bank BRI adalah menghimpun atau menyalurkan dana serta memberikan pelayanan penawaran jasa. Dan cara yang tepat untuk melakukan hal itu adalah dengan memberikan pelayanan prima yang baik kepada nasabah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar