Minggu, 02 Desember 2012

TIPS MENCARI PASANGAN

TIPS MENCARI PASANGAN
Dalam hidup ini mungkin kalian semua sudah tau mengenai arti cinta, cinta itu memang merupakan anugrah terindah yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia. Di dunia ini semua makhuk diciptakan untuk saling berpasang-pasangan, diciptakan untuk saling melengkapi satu sama lain agar manusia bisa bersatu dan bisa menyatukan perbedaan diantara keduanya, karena memang pada dasarnya setiap manusia memiliki perbedaan, seperti firman Allah SWT yang terdapat dalam surah An-Najm ayat 45 :
:وَأَنَّهُ خَلَقَ الزَّوْجَيْنِ الذَّكَرَ وَالْأُنثَى
Artinya :“Dan bahwasannya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan laki-laki dan perempuan.”
Selain itu juga terdapat dalam surah Ad-Dzaariyaat ayat 49:
وَمِن كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ
Artinya :“ Dan segala sesuatu yang Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.”
Dari surah Ad-Dzaariyaat diatas dijelaskan bahwa segala sesuatu di ciptakan berpasang-pasangan berarti tidak hanya manusia saja yang di ciptakan secara berpasang-pasangan tetapi juga untuk smua makhluk yang ada di bumi.
Setiap manusia pasti menginginkan agar bisa mendapatkan pasangan yang baik dan tidak mau salah dalam mencari pasangan, bahkan mungkin pasangan itu satu untuk seumur hidup, meskipun memang sejatinya jodoh merupakan takdir yang sudah ditentukan oleh Allah SWT namun sebagai manusia hendaklah harus berusaha atau berikhtiar untuk mencari pasangan hidupnya bukan hanya menunggu pasangan itu datang dengan sendiri ke hadapannya.
Agar dapat mencari pasangan yang baik, ada beberapa kriteria yang harus kita ketahui bahwasannya dalam mencari pasangan hendaklah karena :
  • Agamanya
  • Berparas cantik ( bagi pria) dan tampan (bagi wanita)
  • Memiliki nasab yang baik (berasal dari keluarga yang baik)
  • Kaya
Itulah kriteria yang harus di ketahui terlebih dahulu, agar dalam mencari pasangan, pasangan kita bisa masuk dalam salah satu kriteria tersebut. Namun dari ke empat kriteria itu yang paling penting adalah pilihlah pasangan yang bagus agaamanya maka engkau akan termasuk orang-orang yang beruntung.
Ada beberapa tips untuk mencari pasangan agar mendapatkan pasangan yang baik yaitu :
  1. Mencari pasangan yang memiliki keimanan yang kuat
Yang dimaksud dengan keimanan yang kuat yaitu bisa menjalankan kewajiban kepada Allah SWT dan menjauhi larangan Allah SWT karena orang yang memiliki keimanan yang kuat maka insya Allah segalanya juga akan baik, baik dalam perilaku maupun ucapan. Didalam tubuh manusia itu ada segumpal daging, jika segumpal daging itu jelek maka seluruh tubuh akan menjadi jelek, namun jika segumpal daging itu baik maka seluruh tubuh juga akan baik. Dan segumpal daging itu adalah hati (qolbu).
  1. Mencari pasangan yang kufu (setara)
    Dalam mencari pasangan (jodohnya) hendaklah sesuai dengan tingkatannya, tingkatan yang dimaksud yaitu dalam hal setara dosa-dosanya, setara dalam jumlah kebaikannya dan jumlah kejelekannya, sekufu (setara) dalam ilmunya (kealimannya) seperti yang terdapat dalam Surah An-Nur ayat : 26

الْخَبيثاتُ لِلْخَبيثينَ وَ الْخَبيثُونَ لِلْخَبيثاتِ وَ الطَّيِّباتُ لِلطَّيِّبينَ وَ الطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّباتِ أُولئِكَ مُبَرَّؤُونَ مِمَّا يَقُولُونَ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَ رِزْقٌ كَريمٌ
Artinya : “ Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga).
Jadi dari ayat diatas bagi laki-laki yang keji jangalah memimpikan seorang wanita yang suci, dan begitu juga sebaliknya bagi wanita-wanita yang keji janganlah memimpikan seorang pria yang baik. Namun pada kenyataannya tidak selalu demikian, wallahu a’lam, kita kembalikan lagi kepada Allah SWT karena Allah SWT Maha Mengetahui mana yang baik dan mana yang tidak baik untuk hamba-Nya.
  1. Memiliki sikap pemimpin, karena jika pasangan kamu memiliki sikap sebagai pemimpin maka dia juga akan memiliki rasa tanggung jawab dalam mejaga keutuhan hubungannya dan bisa menjaga diri kamu serta bisa menjadi pemimpin yang baik di dalam rumah tangga.
  2. Bisa menjadi sosok yang lain
Maksudnya yaitu carilah pasangan yang tidak hanya bisa dijadikan sebagai soulmate, tetapi suatu saat juga bisa menjadi seorang sahabat yang selalu mau mendengarkan cerita-cerita kamu dan mau mendengarkan setiap keluh kesah yang kamu alami lalu pasanganmu akan memberikan saran yang terbaik dari setiap masalah yang kau hadapi.
  1. Bisa menerima kamu apa adanya
Ketahuilah bahwa cinta yang tulus tidak pernah memandang dari segi apapun tetapi itu bukanlah cinta buta, namun suatu rasa yang tidak tau mengapa kamu/pasanganmu bisa memiliki rasa cinta itu. Itulah cinta yang benar-benar tulus yaitu kamu tidak pernah tahu dan tidak pernah mengerti mengapa kamu bisa mencintainya.
  1. Memiliki sikap percaya dan setia
Dalam menjalin sebuah hubungan perlu adanya kesetiaan dari kedua pasangan agar hubungan tersebut dapat terjalin hingga akhir nanti. Dan untuk mendapatkan kesetiaan itu perlu adanya suatu kepercayaan karena dengan adanya saling percaya maka kedua belah pihak tidak akan khawatir ataupun cemburu saat kedua pasangan sedang tidak bersama, meskipun pasangan kamu berada jauh dari sisi kamu tapi kamu harus tetap percaya bahwa hati dan cintanya akan selalu tetap untuk kamu dan tidak akan mencari cinta yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar